KF Tustel

Close your eyes and put your hand....... you will hear the sounds....... of hearts beating all across the world. They are the same heart

Selasa, 04 Januari 2011

KAMERA

Kamera pada dasarnya adalah sebuah alat yang dapat membuat gambar dari sebuah objek yang dibiaskan melalui sebuah lensa kepada film yang ada di belakangnya. Dalam beberapa hal cara kerja kamera sama dengan indra mata. Dalam bola mata yang bening ada kornea untuk memfokuskan bayangan benda yang kita lihat. Sama halnya dengan lensa kamera yang berfungsi memfokuskan bayangan benda pada film.
Untuk memproduksi hasil foto yang baik, kita terlebih dahulu harus mengetahui bagian-bagian terpenting dari sebuah kamera serta cara kerja masing-masing komponen tersebut.


JENIS-JENIS KAMERA
Berdasarkan proses kerja, kamera dibedakan 3 macam:
1. Kamera manual
Semua fasilitas pengendali kamera diatur secara manual.
2. Kamera semi otomatis
Sebagian pengendali kamera diatur secara otomatis oleh kamera dan sebagian lagi diatur secara manual oleh pemotretnya.
3. Kamera otomatis penuh
Semua fasilitas pengendali kamera diatur secara otomatis penuh oleh kamera.


MACAM-MACAM KAMERA
1. View Camera
Merupakan desain kamera tertua dan kontruksi paling sederhana. Banyak dipakai di studio foto, kurang praktis karena ukurannya yang relatif besar. Keuntungan kamera ini adalah foto-foto yang dihasilkan berukuran besar dan gambar tajam, sehingga banyak digunakan untuk periklanan (gambar Billboard).
2. Range Finder Camera (RF Camera)
Biasa disebut kamera kompak karena bentuknya ringan, kecil dan mudah dibawa kemana-mana. Pada umumnya jenis kamera ini terdapat jendela bidik dan lensa yang terpasang mati. Dalam penggunaanya hanya terbatas pada pengambilan gambar jarak dekat saja.
3. Reflex Camera
Jenis kamera ini terbagi dua macam, yaitu:
a. Twin Lens Reflex (TLR)
Memiliki lensa kembar dimana salah satu lensa berfungsi sebagai viewfinder. Kamera inin merupakan kombinasi dari View Camera dan Rangefinder Camera, dimana kedua lensa dapat diganti-ganti.
b. Single Lens Reflex (SLR)
Kamera SLR merekam gambar sesuai dengan asliny, maka seering disebut “What you see is what you get”.Lensa kamera SLR juga dapat ditukar atau menggunakan anterchangable lens.
4. Kemera Polaroid
Kamera ini sering kita temukan di tempat-tempat wisata karena kamera Polaroid dapat langsung menghasilkan foto tanpa melewati negatif dan positif. Kamera polaroid menggunakan film khusus yang berupa kertas foto yang mengandung bahan-bahan kimia. Jenis film ini disebut film instant.
Kekurangan dari kamera polaroid ini adalah hasil foto tidak dapat dicetak ulang karena tidak ada film negatifnya, dan ketahanan fotonya pun tidak sebagus film biasanya.
5. Kamera Stereo
Mempunyai dua lensa atau lebih yang berkemampuan merekam obyek sebagai bayangan tiga dimensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar